Macam macam kebutuhan.

blogger templates

a. Kebutuhan Menurut Intensitas.
  • Kebutuhan Primer.
          Kebutuhan Primer atau kebutuhan utama adalah kebutuhan mutlak tidak boleh tidak dipenuhi untuk mempertahankan kehidupan yang lainnya seperti makanan,minuman,pakaian,udara tempat tinggal dan lain sebagainya
  • Kebutuhan Sekunder
         Manusia hidup tidak hanya denga kebutuhan yang pemenuhannya setelah kebutuhan primer terpenuhi.
    Misalnya ; Jangan tangan,radio,televisi,mesin tik,perabot rumah tangga dan sebagainya.
        Sebagai kebutuhan kedua ini,bukan berarti kebutuhan sekunder tidak penting atau dapat diabaikan begitu saja.Manusia akan memperhatikan kebutuhan sekunder dan ketentraman dan kenyamanan hidup.
  • Kebutuhan tersier/Mewah.
        Tersier berasal dari bahasa latin tertius yang artinya "tiga" makna etimologisnya adalah kebutuhan ini timbul sesudah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi.
        Pemenuhan kebutuhan tersier ini antara lain : Mobil,rumah mewah,antena parabola,piano atau barang barang mewah lainnya.
b. Kebutuhan menurut sifatnya
  • Kebutuhan jasmani.
        Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang ditujukan untuk kepentingan fisik manusia,bisa berupa barang atau jasa.Misalnya orang sedang sakit membutuhkan bantuan dokter
    (jasa) kemudian dokter memberikan resep untuk membeli obat (benda,dan jasa juga seperti makanan,pakaian atau perumahan dan lain lain.
  • Kebutuhan rohani.
        Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang ditujukan untuk kepentingan jiwa jiwa manusia bisa berupa orang yang sedang berduka.
c.Kebutuhan menurut waktunya.
  • Kebutuhan Sekarang
        Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini dan tidak bisa ditunda tunda lagi,Misalnya obat untuk orang sakit,minuman yang sedang berdahaga.
  • Kebutuhan yang akan datang.
        Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang penyediaan diwaktu sekarang tetapi  kepentingan masa yang akan datang.Misalnya menabung dan bersekolah.
d. Kebutuhan subjek pemiliknya.
  • Kebutuhan Individu.
        Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang berhubungan langsung dengan perseorang.Misalnya sebuah cangkul dimiliki seorang petani,jala dimilik oleh seorang nelayan,buku dimiliki oleh siswa dan lain lain.
  • Kebutuhan kelompok/bersama.
        Kebutuhan kelompok yakni kebutuhan yang berhubungan dengan suatu kelompok atau organisasi,mislnya nama suatu tim olahraga.


Dengan demikian dapat kami simpulkan bahwa :

"KABUTUHAN MANUSIA TERBATAS SEDANGKAN ALAT PEMUAS KEBUTUHAN TERSEBUT TERBATAS ADANYA"

0 Response to "Macam macam kebutuhan."

Posting Komentar